Powered By Blogger

Kamis, 21 April 2011

Tunggu Kabupaten Pitu Ulunna Salu

Minggu, 20 Desember 2009 | 23:36 WITA
 
Mamuju, Tribun - Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) asal Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), berjanji akan menyuarakan pembentukan Kabupaten Pitu Ulunna Salu (PUS) dari Kabupaten Induknya Kabupaten Mamasa.

Hal itu dikatakan anggota DPD asal Provinsi Sulbar Mulyana Isham menanggapi desakan masyarakat, terdiri tokoh adat, tokoh agama LSM, dan mahasiswa dari wilayah PUS saat melakukan silaturrahmi, di Mamuju, Minggu (20/12).

"Kami berjanji akan menyuarakan pembentukan kabupaten PUS ditingkat pusat, karena itu sudah merupakan kebutuhan masyarakat di wilayah ini, "kata Mulyana pada Antara.

Namun kata dia, sebelum itu dilakukan maka masyarakat PUS harus membentuk komite pembentukan kabupaten PUS, yang akan berperan dalam melakukan tahapan pemekaran Kabupaten sesuai yang diatur dalam mekanisme Undang-Undang tentang pembentukan kabupaten baru.

"Setelah komite pembentukan dibentuk, maka harus dilakukan sosialisasi di masyarakat, dan melakukan deklarasi untuk pembentukan kabupaten PUS tersebut,"katanya.

Menurut dia, pembentukan kabupaten PUS yang berada d iwilayah pegunungan berjarak sekitar 100 kilometer dari Kabupaten Mamasa dan sekitar 100 kilometer dari Kabupaten Polman, sebuah kebutuhan untuk memajukan daerah yang sebagian wilayahnya masih dalam kategori terisolir dan terpencil.

"Pemekaran PUS bertujuan untuk mendekatkan rentang kendali pelayanan pemerintahan kepada masyarakat di wilayah itu, agar dapat terlepas dari kemiskinan dan meningkatan kesejahteraan mereka, "ujarnya.

Ia mengatakan, wilayah PUS terdiri atas lima kecamatan diantaranya  Mambi, Tabulahan, Aralle, Bambang, Rante Bulahan Timur dan dua Kecamatan persiapan yakni Kecamatan Mahalaan dan Kecamatan Buntu Melangka.(*)

Sumber : Tribun Timur. Com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar